-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Macem Gunung Api (Bagian II)

Gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

 

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai Macam-Macam Gunung Api (Bagian I). Ini merupakan kelanjutannya, Selamat membaca ya.

 

Berikut adalah macam-macam Gunung Api.

 

5. Gunung-api Kubah (Dome Volcano)

Gunung api kubah kadang juga disebut kubah-sumbat (plug dome), terbuat dari lava kental mengandung asam yang keluar saat terjadi letusan. Lava ini mengisi lubang kawah di bagian puncak gunung.

 

Lava yang mengeras pada kawah ini dapat menutup lubang pada dinding gunung, dan ini dapat mengakibatkan terjadinya ledakan hebat. Gunung-api kubah umumnya memiliki sisi yang curam dan bentuk yang cembung.

 

Contoh gunung-api kubah ini diantaranya adalah Puncak Lassen di Sierra Nevada dan Gunung Pelée di Martinique.

 

6. Kerucut Bara (Cinder Cone)

 

Merupakan gunung-api yang dibentuk terutama oleh bara basal dan abu vulkanik dari reruntuhan material piroklastik atau dari material yang dikeluarkan pada saat terjadi letusan eksplosif.

 

Karena dibentuk oleh serpihan material dan bukan dari lava, gunung ini mudah mengalami erosi dan ukurannya pun relatif lebih kecil daripada gunung-api campuran.

 

Gunung-api ini juga cenderung tidak bertahan lama, dibandingkan dengan gunung-api campuran yang terus bertambah lapisannya setiap kali terjadi letusan dari satu lubang.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB