-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Proses Pembuatan Tempe dari Kacang Kedelai

Tempe merupakan produk pangan yang sangat populer di Indonesia, dihasilkan dari proses fermentasi polong-polongan (terutama kedelai) oleh kapang rhizopus, sp. Bentuknya berupa padatan kompak dan berbau khas serta berwarna putih atau sedikit keabu-abuan.

 

Selama  proses  fermentasi,  kapang  tumbuh  pada  kedelai  dan menghasikan  miselium  yang  berwarna  putih  dan  menghubungkan  bulir-bulir  kedelai  sehingga  terbentuk  tekstur  yang  kompak.

 

Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe juga mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

 

Sebenarnya,  bahan  untuk  membuat  tempe  tidak  hanya  kedelai  saja.  Bahan lain, seperti kacang-kacangan (biji turi, biji kecipir, biji kara benguk, biji lamtoro), dan limbah (bungkil tahu, bungkil kacang tanah, dan bungkil kelapa) dapat diolah menjadi tempe. Di antara bermacam-macam tempe itu, yang lazim disebut tempe adalah tempe kedelai.

 

Dilihat dari segi pangan dan gizi, kedelai adalah sumber protein yang paling murah di dunia,  di samping menghasilkan minyak dengan mutu yang baik, berbagai varietas kedelai yang ada di Indonesia mempunyai kadar protein 30,5 sampai 44%, sedangkan kadar lemaknya 7,5 sampai 20,9%. 


Tempe kedelai merupakan salah satu makanan terfermentasi yang berasal dari kedelai. Tempe kedelai didefinisikan sebagai produk yang diperoleh dari fermentasi biji kedelai  dengan menggunakan kapang Rhizopus sp., berbentuk padatan kompak, berwarna putih sedikit keabu-abuan dan berbau khas tempe.

 

Proses fermentasi kedelai menjadi tempe menyebabkan kadar padatan terlarut, nitrogen  terlarut, asam amino bebas, asam lemak bebas, nilai cerna, nilai efisiensi protein, serta skor  protein meningkat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat gizi tempe lebih mudah  dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh jika dibandingkan dengan yang terkandung dalam  kedelai.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB