-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Contoh Batuan Sedimen (Bagian I)

Batuan Sedimen adalah batuan yang paling banyak tersingkap di permukaan bumi, kurang lebih 75 % dari luas permukaan bumi,  sedangkan batuan beku dan metamorf hanya tersingkap sekitar 25 % dari luas permukaan bumi.

 

Berikut adalah beberapa contoh Batuan Sedimen:

 

1. Breksi

 

Breksi memiliki butiran-butiran fragmen yang bersifat kasar dan runcing yang terbentuk dari segmentasi fragmen-fragmen kasar dengan ukuran 2 hingga 256 milimeter. Fragmen-fragmen ini bersifat runcing dan menyudut sebagaimana yang ditunujkkan pada gambar. 

 

Fragmen yang runcing ini menunjukkan bahwa fragmen tersebut tidak tertransportasi pada jarak yang jauh. Fragmen-fragmen dari breksi biasanya merupakan fragmen yang terkumpul pada bagian dasar lereng yang mengalami sedimentasi.

 

Selain itu fragmen juga dapat berasal dari hasil longsoran yang mengalami litifikasi. Komposisi dari breksi terdiri dari sejenis atau campuran dari rijang, kuarsa, granit, kuarsit, batu gamping, dan lain-lain.

 

1 2 3

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB