-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Apa itu Biodiesel dan Faktor yang Mempengaruhinya

Biodiesel adalah monoalkil ester dari minyak nabati atau hewan. Keuntungan paling baik dari biodiesel bila dibandingkan dengan petrodiesel ialah biodiesel merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Biodiesel dapat diproduksi dari minyak hasil pertanian, limbah minyak, maupun lemak hewan yang banyak terdapat di berbagai belahan dunia dan bersifat terbarukan.


Biodiesel menawarkan keuntungan karena sifat bahan bakar yang sebanding dengan diesel. Emisi yang dihasilkan dari biodiesel lebih bersih dibanding minyak bumi solar. Partikulat emisi, jelaga, dan karbon monoksida lebih rendah karena biodiesel adalah oksigen bahan bakar.

 

Biodiesel bisa digunakan sebagai bahan bakar murni atau berbaur dengan solar petro, yang stabil di semua rasionya. Alternatif bahan bakar baru dan terbarukan berpotensi memecahkan banyak masalah sosial dari polusi udara dan pemanasan global terhadap perbaikan dan keberlanjutan masalah lingkungan lainnya.

 

Transesterifikasi merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk mengubah minyak menjadi biodiesel. Transesterifikasi merupakan reaksi antara trigliserida yang terkandung dalam minyak dan penerima gugus asil. Penerima gugus asil dapat berupa asam karboksilat (asidolisis), alkohol (alkoholisis) atau ester lain (interesterifikasi).

 

Berikut adalah syarat dan mutu Biodiesel menurut SNI.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB