-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Bahan Pembuatan Produk Lateks Karet Alam

Pembuatan Produk Lateks Karet Alam

 

Kompon lateks merupakan campuran lateks karet alam dengan bahan kimia untuk menghasilkan produk dengan proses tertentu. Kompon lateks diperlukan dalam pembuatan produk film lateks karet alam.

 

Berbagai bahan kimia yang digunakan adalah sebagai berikut:

 

1. Bahan Penyambung Silang


Proses sambung silang pada karet, biasanya disebut dengan vulkanisasi, adalah proses pembentukan struktur jaringan tiga dimensi dari molekul polimer yang linear melalui proses kimia ataupun fisika.

 

Struktur jaringan tiga dimensi merupakan hal utama yang akan mempengaruhi sifat elastis dari karet. Bahan vulkanisasi yang sering digunakan adalah sulfur. Hal ini dikarenakan karet alam mengandung poliisoprena yang memiliki banyak ikatan rangkap dan bereaksi dengan sulfur membentuk suatu jaringan tiga dimensi.

 

2. Bahan Pencepat Reaksi (Accelerator)

 

Bahan pencepat reaksi merupakan bahan penting dalam sistem pematangan dengan sulfur. Bahan ini akan mengurangi waktu vulkanisasi, menurunkan suhu vulkanisasi dan meningkatkan efisiensi ikatan sulfur untuk membentuk sambung silang.

 

Dalam proses vulkanisasi, ZDEC sering dihubungkan dengan pemercepat pembentukan sambung silang sehingga meningkatkan sifat fisika dari produk. Reaksi ZDEC dan ZnO dengan sulfur membentuk kompleks sulfur-pemercepat aktif untuk memicu pembentukan ikatan sambung silang sulfur pada rantai polimer.

 

3. Bahan Pengaktif (Activator)

 

Bahan pengaktif merupakan bahan untuk mengaktifkan bahan pemercepat pada saat proses vulkanisasi. Zink oksida merupakan bahan pengaktif paling umum digunakan untuk meningkatkan laju dan efisiensi vulkanisasi.

 

Kation zink dari zink oksida akan bereaksi dengan bahan pemercepat membentuk kompleks aktif zink-bahan pemercepat. Kompleks ini bereaksi dengan sulfur untuk membentuk agen aktif yang berinteraksi dengan bagian alilik dari karet untuk membentuk ikatan sambung silang.

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB