-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Proses pembentukan Nitrobenzen dan penjelasan Reaksi Nitrasi

Nitrobenzen diproduksi secara umum dengan nitrasi secara langsung benzen dengan menggunakan campuran asam nitrat dan asam sulfat atau dengan asam nitrat saja. Namun secara komersial yang digunakan adalah campuran asam nitrat dan asam sulfat.

 

Karena kedua fase yang berasal dari pencampuran reaksi dan reaktan terdistribusi  antara keduanya. Nitrobenzen dapat dibuat dengan beberapa proses sebagai berikut:

 

1.  Nitrasi benzene dengan asam campuran, dengan proses batch

 

Dalam proses ini asam campuran yang digunakan 56-60% H2SO4, 27-32% HNO3, 8-17% H2O. Temperatur reaksi adalah 50-55oC, produk keluar nitrator dipisahkan dalam separator.

 

Produk  nitrobenzene di netralisasi dengan NaOH. Untuk pemurnian dilakukan dengan proses distilasi. Yield 95-98% dan waktu reaksi secara batch berkisar 2-4 jam.

 

2.  Nitrasi benzene dengan asam campuran dengan proses kontinyu

 

Proses kontinyu adalah proses Beazzi yang pada prinsipnya sama dengan proses batch, sedangkan letak perbedaannya adalah:

 

- Versi untuk reaktor yang digunakan untuk proses kontinyu lebih kecil, 30 gallon nitrator kontinyu setara 1500 gallon nitrator batch.

 

- Konsentrasi HNO3 untuk penetrasi lebih rendah. Pada batch berkonsentrasi HNO3  27-32%  sedangkan pada kontinyu konsentrasi HNO3 20-26%.

 

- Kecepatan reaksi lebih tinggi, hal in  karena dengan ukuran reaktor lebih kecil, sehingga pengadukan lebih efisien.

 

 

- Waktu reaksi lebih cepat, pada proses batch 2-4 jam, sedangkan pada proses kontinyu 10-30 menit.

 

1 2 3

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB