-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Pengertian Ekstraksi Cair-Cair

Sebelumnya telah saya bahas mengenai apa itu ekstraksi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai ekstraksi cair – cair. Silakan dibaca ya !!!

 

Apa itu Ekstraksi Cair – Cair ??


Ekstraksi cair – cair / Liquid-Liquid Extraction (LLE) adalah merupakan sistem pemisahan secara kimia-fisika dimana zat yang akan diekstraksi dipisahkan dari fasa airnya dengan menggunakan pelarut organik, yang tidak larut dalam fasa air, secara kontak langsung baik kontinyu maupun diskontinyu.

 

Jika komponen dalam larutan cairan yang sebenarnya mendistribusi secara berbeda antara dua fase cairan, pemisahan akan terjadi. Ini adalah prinsip dari pemisahan yang didasarkan pada ekstraksi cair-cair, dan ada sejumlah aplikasi penting dari konsep ini dalam proses industri.

 

Basis dari teknik ini adalah kecenderungan distribusi zat terlarut di antara dua fase cair yang tidak saling bercampur. Umumnya, larutan yang mengandung zat terlarut yang terlarut dikontakkan dengan fase organik lain yang tidak saling bercampur. Zat terlarut didistribusi di antara dua fase sampai keadaan setimbang tercapai.

 

Kesetimbangan ini dapat dipercepat dengan pengadukan kuat (mengaduk atau menggoyang), dimana hal ini akan menyebabkan peningkatan daerah batas fase antara fase organik dan larutan dimana difusi zat terlarut terjadi.

 

Prinsip dasar Ekstraksi Cair – Cair

 

Prinsip dasar ekstraksi cair-cair ini melibatkan pengontakan suatu larutan dengan pelarut (solvent) lain yang tidak saling melarut (immisible) dengan pelarut asal yang mempunyai densitas yang berbeda sehingga akan terbentuk dua fasa beberapa saat setelah penambahan solvent. Hal ini menyebabkan terjadinya perpindahan massa dari pelarut asal ke pelarut pengekstrak (solvent).

 

Perpindahan zat terlarut ke dalam pelarut baru yang diberikan, disebabkan oleh adanya daya dorong (driving force) yang muncul akibat adanya beda potensial kimia antara kedua pelarut. Sehingga proses ektraksi cair–cair merupakan proses perpindahan massa yang berlangsung secara difusional.

 

Ekstraksi ini didasarkan pada perpindahan massa komponen zat padat ke dalam pelarut dimana perpindahan mulai terjadi pada lapisan antar muka, kemudian berdifusi masuk ke dalam pelarut.

 

Ekstraksi cair-cair (corong pisah) merupakan pemisahan komponen kimia di antara 2 fase pelarut yang tidak saling bercampur dimana sebagian komponen larut pada fase pertama dan sebagian larut pada fase kedua, lalu kedua fase yang mengandung zat terdispersi dikocok, lalu didiamkan sampai terjadi pemisahan sempurna dan terbentuk dua lapisan fase cair, dan komponen kimia akan terpisah ke dalam kedua fase tersebut sesuai dengan tingkat kepolarannya dengan perbandingan konsentrasi yang tetap.

 

Contoh sistem Ekstraksi yang Sederhana

 

Sistem ekstrasi yang paling sederhana mencakup tiga komponen: zat terlarut, atau bahan yang diekstrak; pelarut, dimana harus tidak saling bercampur dengan pelarut lain; dan carrier, atau bagian yang bukan zat terlarut dari campuran umpan yang dipisahkan. Untuk kasus ekstraksi lawan arah, aliran dari bahan ini ditunjukkan pada gambar di bawah.

 

Hal yang perlu dicatat bahwa perbedaan harus dibuat di antara fase yang ringan dan fase yang berat, antara fase dispersi dan fase kontinu, dan antara fase rafinat dan fase ekstrak. Aliran terminal dari ekstraktor adalah ekstrak dan rafinat.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan prinsip dari ekstraksi cair – cair. Semoga bermanfaat !!!

 

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB