-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Contoh Batuan Sedimen (Bagian II)

Batuan Sedimen adalah batuan yang paling banyak tersingkap di permukaan bumi, kurang lebih 75 % dari luas permukaan bumi,  sedangkan batuan beku dan metamorf hanya tersingkap sekitar 25 % dari luas permukaan bumi.

 

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai contoh Batuan Sedimen yang pertama. Ini merupakan kelajutan Batuan Sedimen kedua. Selamat membaca ya

 

Berikut adalah beberapa contoh Batuan Sedimen:

 

6. Graywacke

 

Graywacke adalah salah satu tipe dari batu pasir yang 15% atau lebih komposisinya adalah matrix yang terbuat dari lempung, sehingga menghasilkan sortasi yang jelek dan batuan menjadi berwarna abu-abu gelap atau kehijauan.

 

7. Shale


Shale adalah batuan sedimen yang memiliki tekstur yang halus dengan ukuran butir 1/16 hingga 1/256 milimeter.

 

Komposisi mineralnya umumnya tersusun dari mineral-mineral lempung, kuarsa, opal, kalsedon, klorit, dan bijih besi.  Shale dibedakan menjadi dua tipe batuan, yaitu batu lanau dan batu lempung atau serpih.

 

Batu lanau memiliki butiran yang berukuran antara batu pasir dan batu serpih, sedangkan batu lempung memiliki chiri khas mudah membelah dan bila dipanasi menjadi plastis.

 

1 2 3

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB