-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Tekstur Batuan Sedimen

Tekstur batuan sedimen adalah segala kenampakan yang menyangkut butir sedimen seperti ukuran butir, bentuk butir dan orientasi.

 

Tekstur batuan sedimen mempunyai arti penting karena mencerminkan proses yang telah dialami batuan tersebut terutama proses transportasi dan pengendapannya. Tekstur juga dapat digunakan untuk menginterpetasi lingkungan pengendapan batuan sediment.

 

1. Tekstur Klastik

 

Faktor yang menentukan tekstur fragmen klastik adalah massa dasar matrik dan material semen penyusun batuan tersebut. Fragmen dari suatu batuan adalah bagian atau butiran yang ukurannya lebih besar daripada pasir.

 

Matrik dari suatu batuan adalah butiran yang berukuran lebih kecil daripada fragmen dan diendapkan bersama-sama dengan fragmen. Semen adalah material halus yang menjadi pengikat batuan beku.

 

Semen biasanya diendapkan setelah fragmen dan matrik. Semen pada umumnya berupa silika, kalsit, sulfat atau oksida besi. Besar butir kristal penyusun batuan  dibedakan menjadi tiga ukuran yaitu kasar, sedang dan halus

 


Butiran kasar memiliki ukuran lebih besar dari  5 mm, butir sedang memiliki ukuran dari 1 hingga 5 mm, sedangkan butiran halus memiliki ukuran lebih kecil dari 1 mm. Jika kristal penyusun  batuannya sangat halus sehingga tidak dapat dibedakan, maka disebut mikrokristalin.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB