-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Vibrasi Molekul

Penyerapan radiasi inframerah menyebabkan perubahan energi (ΔE)  dan dinyatakan sebagai:

∆E = h.v , dengan tingkat-tingkat vibrasi ditunjukkan pada gambar di bawah

Gambar 1. Tingkat-tingkat vibrasi untuk suatu ikatan yang bervibrasi

 

Dimana h menyatakan tetapan Planck (6,6242 x 10-27 erg det) dan υ menyatakan tetapan frekuensi  dalam  Hertz  (Hz).  Hubungan  diantara  frekuensi  dan  panjang  gelombang  (λ) dinyatakan sebagai :

dimana  c  adalah  kecepatan  cahaya  (3  x  1010 cm  dt -1)  dan  λ  dinyatakan  dalam  cm. Kebalikan panjang gelombang (ύ) menyatakan jumlah gelombang per cm. Jadi,

Jumlah gelombang (ύ) berbanding lurus dengan frekuensi atau energi, karena itu bagian horizontal  spektrum  infra  merah  biasanya  dinyatakan  sebagai  jumlah  gelombang  (ύ) dalam cm-1.

 

Molekul-molekul  poliatom  memperlihatkan  dua  jenis  vibrasi  molekul: stretching dan binding.  Vibrasi ikatan  yang  melibatkan hidrogen  sangat berarti,  karena atom-atom dengan massa rendah cenderung lebih mudah bergerak daripada atom dengan massa lebih tinggi. Gambar 2 menunjukkan bentuk-bentuk vibrasi gugus metilen.

Vibrasi stretching :


Gambar 2. Bentuk vibrasi gugus metilen

 

Makin rumit struktur suatu molekul, semakin banyak bentuk-bentuk vibrasi yang mungkin  terjadi.  Akibatnya  kita  akan  melihat  banyak  pita-pita  absorpsi  yang  diperoleh pada spektrum  infra  merah, bahkan bisa lebih rumit  lagi bergantung pada molekul dan kepekaan instrumen.

 

Hukum Hooke dapat membantu memperkirakan daerah dimana vibrasi terjadi.

Berdasarkan hukum Hooke:

v          = jumlah gelombang (cm-1)

c          = kecepatan cahaya (cm dt-1)

m1       = massa atom 1 (g)

m2       = massa atom 2 (g)

f           = tetpan gaya (dyne cm-1 = g det-1)

 

Semakin banyak besar tetapan gaya, semakin besar frekuensi  vibrasi dan makin besar  jarak, energi diantara  tingkat-tingkat kuantum vibrasi. Tetapan  gaya  untuk ikatan tunggal atau rangkap -  dua, dan rangkap  tiga masing-masing 5x105, 10x105, dan 15x105 dyne cm-1. 

 

Demikian penjelasan mengenai vibrasi molekul. Terima kasih atas waktunya.


No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB