-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Jenis-Jenis Struktur Geologi

Adanya gaya-gaya yang bekerja menyebabkan batuan terangkat dan terlipat-lipat serta apabila terkena pelapukan dan erosi, maka batuan tersebut akan menjadi tersingkap dipermukaan bumi.




1.  STRUKTUR KEKAR (JOINT)

Hampir tidak ada suatu singakapan dimuka bumi ini yang tuidak memperlihatkan gejala rekahan. Rekahan pada batuan bukan merupakan gejala yang kebetulan. Umumnya hal ini terjadi akibat hasil kekandasan akibat tegangan (stress), karena itu rekahan akan mempunyai sifat-sifat yang menuruti hukum fisika.


Kekar adalah Struktur rekahan dalam blok batuan dimana tidak ada atau sedikit sekali mengalami pergeseran (hanya retak saja), umumnya terisi oleh sedimen setelah beberapa lama terjadinya rekahan tersebut. Rekahan atau struktur kekar dapat terjadi pada batuan beku dan batuan sedimen.


Pada batuan beku, kekar terjadi karena pembekuan magma dengan sangat cepat (secara mendadak). Dalam batuan sedimen umunya kekar juga dapat terbentuk mulai dari saat pengendapan atau segera terbentuk setelah pengendapannnya.dimana sedimen tersebut masih sedang mengeras.


Pada batuan sedimen, Kekar terjadi karena :
a. Intrusi/ekstrusi
b. Pengaruh iklim/musim

 

Rekahan adalah sebutan untuk struktur rekahan dalam batuan dimana tidak ada atau sedikit sekali mengalami pergeseran. Rekahan yang telah bergeser disebut sesar. Struktur kekar merupakan gejala yang paling umum dijumpai dan justru karenanya banyak dipelajari secaras luas.  Struktur-struktur ini merupakan struktur yang palinng sukar untuk dianalisa. 


Struktur ini banyak dipelajari karena hubunganya yang erat dengan masalah-masalah :
-   Geologi teknik
-   Geologi minyak, terutaam dengan masalah cadangan dan produksi
-   Geologi pertambangan, baik dalam hal sistem penambangan maupun pengarahan terhadap bentuk-bentuk mineralisasi, dll.


Umumnya dalam batuan sedimen, kekar dapat terbentuk mulai saat pengendapan atau terbentuk setelah pengendapannya, dimana sedimen tersebut sedang mengeras.  Struktur kekar dipelajari dengan cara statistic, mengukur dan mengelompokan dalam bentuk diagram Rosset atau dengan diagram kontur (kutub). 

 

1 2 3

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB