-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Pengertian dan Pembagian Oligosakarida

Sebelumnya saya telah membahas mengenai pengertian dan sifat-sifat karbohidrat. Dimana karbohidrat berdasarkan jumlah unit terkecilnya dibagi atas Monosakarida, Disakarida, Oligosakarida dan Polisakarida. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Monosakarida dan pembagiannya juga. Silakan disimak ya.

 

Oligosakarida merupakan gabungan dari molekul-molekul monosakarida yang jumlahnya antara 2 sampai dengan 10 molekul monosakarida (oligo bererti sedikit). Sehingga oligosakarida dapat berupa disakarida, trisakarida dan lainnya.

 

Oligosakarida secara eksperimen banyak dihasilkan dari proses hidrolisa polisakarida dan hanya beberapa oligosakarida yang secara alami terdapat di alam.


1. Trisakarida

 

Trisakarida merupakan oligosakarida yang terdiri atas tiga molekul monosakarida. Contoh dari trisakarida adalah rafinosa. Rafinosa adalah suatu trisakarida yang penting, terdiri atas 3 molekul monosakarida yang berikatan, yaitu galaktosa-glukosa-fruktosa.

 

Atom karbon 1 pada galaktosa berikatan dengan atom karbon 6 pada glukosa, selanjutnya aom karbon 1 pada glukosa berikatan dengan atom karbon 2 pada fluktosa.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB