-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Apa itu Ekstraksi ?

Kebanyakan dari kita pasti sudah mendengar kata ekstraksi. Namun apakah anda sudah tahu pengertiannya. Kalau belum silakan disimak yang di bawah ini ya !!!

 

Apa itu Ekstraksi ??


Ekstraksi adalah suatu metoda operasi yang digunakan dalam proses pemisahan suatu komponen dari campurannya dengan menggunakan sejumlah massa bahan (solvent) sebagai tenaga pemisah. Apabila komponen yang akan dipisahkan (solute) berada dalam fase padat, maka proses tersebut dinamakan pelindihan atau  leaching.

 

Ekstraksi atau pemisahan dari komponen kimia X yang terlarut dari fase cair A diselesaikan dengan mengontakkan larutan cair X dengan fase kedua, B, dimana fase A dan B tidak saling bercampur. Fase B dapat berupa padatan, cairan, gas atau fluida superkritikal.


Distribusi komponen antara fase-fase yang tidak saling bercampur terjadi. Setelah analit didistribusikan di antara dua fase, analit yang terekstraksi dilepaskan dan/atau dihasilkan kembali dari fase B untuk prosedur ekstraksi berikutnya.

 

Proses yang terjadi selama berlangsungnya Ekstraksi

 

Secara umum, proses pemisahan dengan cara ekstraksi terdiri dari 3 langkah dasar yaitu:

1.  Proses penyampuran sejumlah massa bahan ke dalam larutan yang akan dipisahkan komponen-komponennya.

2.  Proses pembentukan fase seimbang

3.  Proses pemisahan kedua fase seimbang

 

Sebagai tenaga pemisah, solven harus dipilih sedemikian hingga kelarutannya terhadap salah satu komponen murninya adalah terbatas atau sama sekali tidak saling melarutkan.


Karenanya, dalam proses ekstraksi akan terbentuk dua fase cairan yang saling  bersinggungan dan selalu mengadakan kontak. Fase yang banyak mengandung diluen disebut fase rafinat sedangkan fase yang banyak mengandung solven dinamakan ekstrak.

 

Terbantuknya dua fase cairan, memungkinkan semua komponen yang ada dalam campuran  terbesar dalam masing masing fase sesuai dengan koefisien distribusinya, sehingga dicapai keseimbangan fisis.

 

Pemisahan  kedua  fase  seimbang  dengan  mudah  dapat  dilakukan  jika density  fase  rafinat  dan  fase  ekstrak  mempunyai  perbedaan  yang  cukup.  Tetapi jika  density  keduanya  hampir  sama  proses  pemisahan  semakin  sulit,  sebab campuran tersebut cenderung untuk membentuk emulsi.

 

Dibidang industri, ekstraksi sangat luas penggunaannya terutama jika larutan yang akan dipisahkan tediri dari komponen – komponen:

1.  Mempunyai sifat pengupan relative yang rendah

2.  Mempunyai titik didih yang berdekatan

3.  Sensitif terhadap panas

4.  Merupakan campuran azeotrop

 

Komponen – komponen yang terdapat dalam larutan, menentukan jenis/macam solven yang digunakan dalam ekstraksi. Pada umumnya, proses ekstraksi tidak berdiri sendiri, tetapi  melibatkan  operasi operasi lain sepeti proses pemungutan kembali solven dari larutannya (terutama fase ekstrak), hingga dapat dimanfaatkan kembali sebagai tenaga pemisah.


Untuk maksud tersebut, banyak cara yang dapat dilakukan misalnya dengan metode distilasi, pemanasan sederhana atau dengan cara pendinginan untuk mengurangi sifat kelarutannya.

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari ekstraksi serta proses – proses yang terjadi di dalamnya. Semoga dapat bermanfaat ya !!!


All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB