-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Definisi Kromatografi dan Faktor yang Mempengaruhi nilai Rf

Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan zat terlarut oleh suatu proses migrasi diferensial dalam sistem yang terdiri dari dua fase atau lebih.

Campuran yang akan dipisahkan dibawa fasa gerak, yang kemudian dipaksa bergerak atau disaring melalui fasa diam karena pengaruh gaya berat atau gaya-gaya yang lain.

 

Komponen-komponen dari campuran ditarik dan diperlambat oleh fase diam pada tingkat yang berbeda-beda sehingga mereka bergerak bersama-sama dengan fasa gerak dalam waktu retensi (retention time) yang berbeda-beda dan dengan demikian mereka terpisah.

 

Fase gerak mengalir melalui fase diam dan membawa komponen-komponen dari campuran bersama-sama. Komponen-komponen yang berbeda akan bergerak pada laju yang berbeda.

 

Kromatografi digunakan untuk memisahkan campuran dari substansinya menjadi komponen komponennya. Seluruh bentuk kromatografi bekerja berdasarkan prinsip yang sama. Seluruh bentuk kromatografi memiliki fase diam (berupa padatan atau cairan yang didukung pada padatan) dan fase gerak (cairan atau gas).

 

Saat ini kromatografi merupakan teknik pemisahan yang paling umum dan paling sering digunakan dalam bidang analisis farmasetik, karena kromatografi dapat menawarkan tiga fungsi sekaligus, yaitu kualitatif, kuantitatif dan preparatif.

 

Direkomendasikam: Sudah tau air terjun Blood Falls?, klik disini ya...

 

Faktor-Faktor yang mempengaruhi nilai Rf

 

Nilai Rf adalah rasio jarak yang dipindahkan oleh zat terlarut terhadap jarak yang dipisahkan oleh garis depan pelarut selama waktu yang sama. Harga Rf cukup konstan asal semua variabel dikendalikan baik - baik  jika kemurnian pelarut, temperatur, dan penjenuhan atmosfernya benar-benar dijaga.

 

Maka harga Rf dipengaruhi antara lain oleh faktor - faktor berikut :


1.    Pelarut , disebabkan pentingnya koefisien partisi, maka perubahan-perubahan yang sangat kecil dalam komposisi pelarut dapat menyebabkan perubahan perubahan harga Rf

2.    Suhu , perubahan dalam suhu merubah koefisien partisi dan juga kecepatan aliran

3.    Ukuran dari bejana , volume dari bejana mempengaruhi homogenitas dari atmosfer jadi mempengaruhi kecepatan penguapan dari komponen-komponen pelarut dari kertas

4.    Kertas , pengaruh utama kertas pada harga Rf timbul dari perubahan ion dan serapan, yang berbeda untuk macam-macam kertas. Kertas mempengaruhi kecepatan aliran.ia akan juga mempengaruhi pada kesetimbangan partisi

5.    Sifat dari campuran , berbagai senyawa mengalami partisi dan antara volume volume yang sama dari fase tetap dan bergerak. Mereka hampir selalu mempengaruhi karakteristik dari kelarutan satu terhadap yang lainnya hingga harga Rfnya

 

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari kromatografi dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai Rf. Semoga bermanfaat ya !!!

 

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB