-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Jenis-Jenis Kromatografi

Kromatografi adalah teknik pemisahan dan pemurnian komponen dari campurannya yang umum. Teknik kromatografi merupakan teknik pemisahan suatu campuran yang berdasarkan kepada kesetimbangan fase, yaitu fase diam dan fase bergerak.

 

Fase diam merupakan lapisan cairan pelarut (pengembang) yang teradsorpsi pada permukaan kertas, sedangkan fase bergerak merupakan bagian pelarut (pengembang, eluen) yang berfungsi menggerakkan komponen. Teknik ini didasarkan pada perbedaan kecepatan migrasi senyawa saat diberi eluen tertentu.

 

Jenis – Jenis Kromatografi

 

1.  Kromatografi Kertas

Kromatografi kertas adalah kromatografi yang menggunakan kertas selulosa murni yang mempunyai afinitas besar terhadap air atau pelarut polar lainnya. Kromatografi kertas digunakan untuk memisahkan campuran dari substansinya menjadi komponen-komponennya.

 

Pelarut bergerak lambat pada kertas, komponen-komponen  bergerak pada laju yang berbeda dan campuran dipisahkan berdasarkan pada perbedaan bercak warna.


2.  Kromatografi Lapis Tipis

Kromatografi lapis tipis (KLT) adalah cara pemisahan campuran senyawa menjadi senyawa murninya dan mengetahui kuantitasnya yang digunakan. Kromatografi lapis tipis dapat digunakan untuk memisahkan senyawa – senyawa yang sifatnya hidrofobik seperti lipida – lipida dan hidrokarbon yang sukar dikerjakan dengan kromatografi kertas.

 

Pada cara penggunaan KLT hampir sama dengan penggunaan Kromatografi kertas, hanya saja pada KLT fase diamnya menggunakan plat gelas/ logam/ aluminium foil sedangkan pada kromatografi kertas menggunakan kertas saring

 

1 2 3

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB