-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Persamaan Keadaan Gas Ideal

Pada postingan sebelumnya telah saya jelaskan mengenai hukum-hukum gas secara eksperimen yaitu hukum Charles, hukum Gay-Lussac dan hukum Boyle.

Hukum-hukum gas tersebut diperoleh dengan bantuan teknik yang sangat berguna di sains, yaitu menjaga suatu atau lebih variabel tetap konstan untuk melihat akibat dari perubahan satu variabel saja.

 

Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan mengenai persamaan keadaan gas ideal. Silakan dibaca dan disimak ya !!!

 

Misalkan dipunyai suatu kuantitas yang tetap dari suatu gas di dalam sebuah tangki, maka dapat diubah suhu atau volume dari gas itu. Dapat ditemukan bahwa untuk sembarang gas pada massa  jenis yang cukup rendah, maka tekanan p dikaitkan kepada suhu T dan volume V dengan pola spesifik.


Suatu gas yang diperlakukan seperti ini dinamakan gas ideal. Dan persamaan yang mengkaitkaitkan kuantitas ini dinamakan hukum gas ideal atau persamaan keadaan untuk gas ideal.

 

Volume V yang ditempat suatu zat yang massanya m tertentu bergantung pada tekanan p yang diderita zat yang bersangkutan, dan pada suhunya T. Setiap zat ada hubungannya tertentu dalam hal besaran-besaran ini. Hubungan tertentu ini dinamakan persamaan keadaan zat yang bersangkutan.


Secara matematika persamaan ini ditulis sebagai berikut:

f(m,V,p,T) = 0

 

Persamaan keadaan gas yang paling sederhana adalah persamaan keadaan gas pada tekanan rendah, hal ini berlaku untuk segala macam gas adalah sama. Gas ideal didefenisikan sebagai satu bagian dari seluruh tumbukkan yang terjadi antara atom-atom yang elastik sempurna, dimana gaya tarik antar molekul diabaikan karena sedemikian kecil.

 

Gas ideal dapat dirumuskan dalam tiga variabel yaitu tekanan (p), volume (V), dan suhu (T) yang disebut sebagai kombinasi rumusan tunggal dari hukum Boyle-Mariotte dan hukum Gay-Lussac.


Untuk gas ideal, tekanan, suhu, dan volume dihubungkan oleh:

pV = nRT

 

Dimana :       

p          =    tekanan (Pa)

V         =    volume yang diberikan oleh n mol (m3)

R         =    konstanta gas umum

            =    8,314 JK-1.mol-1 = 1,99 kal.mol-1.K-1

T          =    suhu (K)

n          =    jumlah mol (mol)

 

Demikian penjelasan mengenai persamaan keadaan gas ideal. Semoga bermanfaat dan berguna ya….

 

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB