-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Jenis-Jenis Karet Sintesis

Karet sintesis sebagian besar dibuat dengan mengandalkan bahan baku minyak bumi. Biasanya karet sintesis dibuat akan memiliki sifat tersendiri yang khas.  Ada jenis yang tahan terhadap panas atau suhu tinggi, minyak, pengaruh udara bahkan ada yang kedap gas.

 

Berdasarkan tujuan pemanfaatannya, ada dua macam karet sintesis, yaitu:

 

a. Karet Sintesis untuk Kegunaan Umum

 

Karet sintesis dapat digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan banyak fungsi karet alam yang dapat digantikannya. Jenis-jenis karet sintesis untuk kegunaan umum di antaranya sebagai berikut:

 

1. SBR (Styrene Butadiene Rubber)

 

Jenis SBR merupakan karet sintesis yang paling banyak diproduksi dan digunakan. Jenis ini memiliki ketahakan kikis yang baik dan kalor atau panas yang ditimbulkan juga rendah.

 

Namun SBR yang tidak diberi tambahan bahan penguaat memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan vulkanisir karet alam.

 

2. BR (Butadiene Rubber)


Dibanding dengan SBR, karet jenis BR lebih lemah. Daya lekat lebih rendah dan pengolahannya juga tergolong sulit. Karet jenis ini jarang digunakan tersendiri. Untuk membuat suatu barang biasanya BR dicampur dengan karet alam atau SBR.

 

3. IR (Isoprene Rubber) atau Polyisoprene Rubber


Jenis karet ini mirip dengan karet alam karena sama-sama merupakan polimer isoprene. Dapat dikatakan bahwa sifat IR yang mirip sekali dengan karet alam, walaupun tidak secara keseluruhan.

 

Jenis IR memiliki kelebihan lain dibanding karet alam yaitu lebih murni dalam bahan dan viskositasnnya lebih mantap.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB