-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

5 Jenis Golongan Kation dalam Analisa Kualitatif

Analisis merupakan ilmu kimia yang mempelajari tentang identifikasi suatu spesies, penentuan komposisi dan elusidasi strukturnya. Berdasarkan tujuannya, analisis kimia dapat diklasifikasikan menjadi analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Analisis kualitatif bertujuan untuk mengidentifikasi suatu spesies dan elusidasi struktur spesies tersebut. Analisis kuantitatif bertujuan untuk mengetahui jumlah dan komposisi suatu spesies.

 

Dalam cara H2S kation-kation diklasifikasikan dalam lima golongan berdasarkan sifatsifat kation tersebut terhadap beberapa pereaksi. Pereaksi golongan yang paling umum dipakai adalah asam klorida, hidrogen sulfida, amonium sulfida dan amonium karbonat. Berikut adalah penjelasan keliam golongan kation tersebut.

 

a.  Golongan I

Kation golongan I (Pb 2+, Hg+, Ag+) membentuk endapan dengan HCl encer. Endapan tersebut adalah PbCl2, Hg2Cl2 dan AgCl yang semuanya berwarna putih. Untuk memastikan apakah endapan tersebut hanya mengandung satu kation, dua katiom atau tiga kation maka dilanjutkan dengan pemisahan dan identifikasi kation golongan I, yang caranya dapat dilihat pada tabel berikut.

Reaksi-reaksi yang terjadipada pengendapan, pemisahan dan identifikasi kationkation golongan I tersebut adalah sebagai berikut:

1.  Reaksi Pengendapan

Ag+ +  Cl-                   AgCl (s) (endapan putih)

Pb2+ +  Cl-                  PbCl2 (s) (endapan putih)

Hg2 2+ +  2 Cl-            Hg2Cl2 (s) (endapan putih)

 

2.  Pemisahan

Endapan PbCl2 larut dalam air panas tetapi membentuk kristal seperti jarum setelah dingin. Sedangkan AgCl larut dalam amonia encer membentuk ion kompleks diamenargentat.


Endapan Hg2Cl2 oleh larutan amonia diubah menjadi campuran merkrium (II) amidoklorida dan logam merkurium yang kedua-duanya merupakan endapan.

 

3.  Reaksi Identifikasi

Pb2+ +  CrO4 2-                                   PbCrO4 (s) (endapan kuning)

Pb2+ +  2 l-                                          Pbl2 (s) (endapan kuning)

Pb2+ +  SO4 2-                                    PbSO4 (s) (endapan putih)

[Ag(NH3)2]+  +  Cl-  +  2 H+               AgCl (s) (endapan putih)  +  2 NH4+

[Ag(NH3)2]+  +  l-  +  2 H+                  AgI (s) (endapan kuning)  +  2 NH3

 

1 2 3

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB