-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Sifat Fisik dari Mineral

Mineral dapat kita definisikan sebagai bahan padat anorganik yang terdapat secara alamiah, yang terdiri dari unsur-unsur kimiawi dalam perbandingan tertentu, dimana atom-atom didalamnya tersusun mengikuti suatu pola yang sistematis.

 

Studi yang mempelajari segala sesuatu tentang mineral disebut Mineralogi, didalamnya juga mencakup pengetahuan tentang Kristal, yang merupakan unsur utama dalam susunan mineral.

 

Terdapat dua cara untuk dapat mengenal suatu mineral, yang pertama adalah dengan melakukan analisa secara kimiawi dan yang kedua yang paling umum dilakukan adalah dengan cara mengenal sifat-sifat fisiknya.

 

Yang dimaksud dengan sifat fisik disini adalah

 

1. Bentuk kristal (Crystal Form)

 

Apabila suatu mineral mendapat kesempatan untuk berkembang tanpa mendapat hambatan, maka ia akan mempunyai bentuk kristalnya yang khas. Tetapi apabila dalam perkembangannya ia mendapat hambatan, maka bentuk kristalnya juga akan terganggu.

 

Setiap mineral akan mempunyai sifat bentuk kristalnya yang khas, yang merupakan perwujudan kenampakan luar, yang terjadi sebagai akibat dari susunan kristalnya di dalam. Bentuk bentuk kristal antara lain adalah: Triklin, Monoklin, Tetragonal, Orthorombik, Hexagonal, Kubik. Trigonal dll.

 

2. Berat jenis (specific gravity)

 

Setiap mineral mempunyai berat jenis tertentu. Besarnya ditentukan oleh unsur-unsur pembentuknya serta kepadatan dari ikatan unsur-unsur tersebut  dalam susunan kristalnya.

 

Umumnya mineral-mineral pembentuk batuan, mempunyai berat jenis sekitar 2.7, meskipun berat jenis rata-rata unsur metal di dalamnya berkisar antara 5. Emas murni umpamanya, mempunyai berat jenis 19.3.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB