-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Pengertian Asidi-Alkalimetri


Asidimetri adalah analisa titrimetri yang menggunakan asam kuat sebagai titrannya dan sebagai analitnya adalah basa atau senyawa yang bersifat basa.


Sedangkan alkalimetri pada prinsipnya adalah analisa titrimetri yang menggunakan basa kuat sebagai titrannya dan analitnya adalah asam atau senyawa yang bersifat asam.

 

Asidimetri dan alkalimetri ini melibatkan titrasi asam basa yang terbentuk karena hidrolisis garam yang berasal dari asam lemah (basa bebas) dengan suatu asam atandar (asidimetri), dan titrasi asam yang terbentuk dari basa kemah (asam bebas) dengan suatu basa standar (alkalimetri). Bersenyawanya ion hidrogen dan ion hidroksida untuk membentuk air merupakan akibat reaksi-reaksi tersebut.

 

Alkalimetri dapat diartikan penentuan kadar suatu basa dalam suatu larutan. Cara titrasi tidak langsung yang lain yaitu dimana analit direaksikan dengan pereaksi yang jumlahnya berlebih, kemudian kelebihannya dititrasi dahulu, jumlah berlebih yang ditambahkan itu harus diketahui dengan tepat karena kelebihannya ditentukan oleh titrasi itu, maka jumlah yang dihabiskan oleh analit adalah selisihnya dengan demikian cara titrasi tidak langsung ini lebih dikenal dengan titrasi kembali.

 

Larutan standar biasanya ditambahkan dari sebuah pipa yang panjang disebut dengan buret. Proses menambahkan larutan standar sampai reaksinya hampir selesai disebut titrasi, dan zat yang akan ditentukan disebut dititrasi.


Titik di mana hal ini terjadi disebut dengan titik kesetaraan atau teori titik akhir. Selesainya titrasi ditandai dengan beberpa perubahan fisik yang diproduksi oleh larutan standar itu sendiri.

 

Demikian mengenai pengertian aside-alkalimetri. Semoga bermanfaat dan dibagi ya….

 

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB