-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Kegunaan dan Jenis-Jenis Sabun

Sebelumnya telah saya bahas mengenai apa itu sabun dan sifat-sifat sabun. Pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan mengenai jenis-jenis sabun dan kegunaan dari sabun. Silakan disimak.


Sabun merupakan surfaktan yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Sifat – sifat sabun yang dihasikan ditentukan oleh jumlah dan komposisi dari komponen asam - asam lemak yang digunakan yang sesuai dalam pembuatan sabun dibatasi panjang rantai dan tingkat kejenuhan.

 

Apa saja Kegunaan dari Sabun ?

 

Sabun berkemampuan untuk mengemulsi kotoran berminyak sehingga dapat dibuang dengan pembilasan. Kemampuan ini disebabkan oleh dua sifat sabun:

 

1. Rantai hidrokarbon sebuah molekul sabun bersifat nonpolar sehingga larut dalam zat non polar, seperti tetesan-tetesan minyak.

 

2. Ujung anion molekul sabun, yang tertarik dari air, ditolak oleh ujung anion molekul-molekul sabun yang menyembul dari tetesan minyak lain. Karena tolak menolak antara tetes sabun-minyak, maka minyak itu tidak dapat saling bergabung tetapi tersuspensi.

 

1 2

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB