-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Sifat dan Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembuatan Pulp

Pulp merupakan bahan baku pembuatan kertas dan senyawa-senyawa kimia turunan selulosa. Pulp dapat dibuat dari berbagai jenis kayu, bambu, dan rumput-rumputan. Pulp adalah hasil pemisahan selulosa dari bahan baku berserat (kayu maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatan baik secara mekanis, semikimia, dan kimia.

 

Adapun sifat-sifat pulp yang Baik adalah sebagai berikut :


1. Kadar Alfa Selulosa


Kadar Alfa Selulosa (KAS) merupakan parameter yang digunakan untuk menentukan banyaknya selulosa yang terdapat dalam pulp.


Semakin tinggi KAS menunjukkan semakin banyaknya alfa selulosa yang terkandung dalam pulp dan juga kualitas pulp yang semakin baik. Kadar alfa selulosa dalam pulp dipengaruhi oleh konsentrasi dan jenis larutan pemasak, suhu, waktu pemasakan, dan jenis bahan yang digunakan untuk membuat pulp.

 

2. Kadar Lignin


Kadar lignin dari pulp menunjukkan sisa lignin yang tertinggal dari hidrolisis yang tidak sempurna. Kadar lignin dapat ditentukan dengan mengoksidasi lignin menggunakan kalium permanganat dalam suasana asam.


Salah satu metode untuk menentukan jumlah lignin yang tersisa dalam pulp adalah dengan mengukur bilangan Kappa.


Bilangan Kappa adalah volume (dalam mililiter) dari larutan KMnO4 0,1 N yang dikonsumsi oleh 1 gram pulp kering. Semakin tinggi bilangan Kappa berarti sisa lignin dalam pulp juga semakin tinggi.

 

3. Bilangan Kappa


Pengujian ini mengindikasikan lignin dan kemampuan pulpuntuk diputihkan. Pengujian ini didasarkan kepada reaksi dengan Kalium Permanganat (KMnO4). Normalnya pulp setelah melewati tahap proses bleaching diketahui dengan cara menganalisa bilangan kappa pulp di laboratorium.

 

4. Kadar α, β dan γ selulosa

Kandungan selulosa dibawah 40% kurang baik dipakai sebagai bahan baku pembuatan pulp dan kertas. Tingginya nilai beta selulosa menunjukkan bahwa jumlah selulosa yang terdegradasi tinggi. Gamma selulosa merupakan bagian pulp yang tetap tertinggal dalam larutan dan kandungan utamanya terdiri dari hemiselulosa.

 

1 2

2 comments:

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB