-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Proses Pengolahan Inti Minyak Sawit

Pada artikel sebelumnnya telah dijelaskan mengenai Proses Pengolahan Kelapa Sawit dari Buah Kelapa Sawit menjadi Minyak Sawit yang akan diproses lebih lanjut lagi. Pada artikel ini, akan dijelaskan proses pengolahan Inti Minyak Sawit atau Kernel, Silakan dibaca ya !!!.

 

Proses Pengolahan Biji (Kernel Station)

 

Telah dijabarkan bahwasanya setelah pengepresan akan menghasilkan Crude Oil dan Fiber. Fiber tersebut akan masuk ke stasiun Kernel dan akan dijabarkan proses pengolahannya.

 

Campuran fibre dan inti yang keluar dari screw press akan diolah untuk menghasilkan shell dan ampas (fibre) sebagai bahan boiler dan inti kelapa sawit diolah lagi sehingga menjadi minyak inti sawit.

 

Adapun  bagian – bagian dari stasiun pengolahan inti adalah sebagai berikut :

 

a. Cake Breaker Conveyor (CBC)

 

Fungsi dari Cake Breaker Conveyor adalah mengantarkan ampas dan nuts ke depericarper serta mengurangi kadar air fibre sehingga memudahkan kerja blower pada depericarper. Alat ini terdiri dari pedal - pedal yang diikat pada poros yang berputar 52 rpm. Kemiringan pedal – pedal diatur sehingga pemecahan gumpalan terjadi dengan sempurna.

 

b. Depericarper

 

Fungsi dari Depericarper adalah untuk memisahkan fiber dengan nut dan membawa fiber untuk menjadi bahan bakar boiler. Fungsi kerjanya adalah tergantung pada berat massa, yang massanya lebih ringan (fiber) akan terhisap oleh fan. Yang massanya lebih berat (nut) akan masuk ke Nut Polishing drum.

 

Fungsi dari Nut Polishing Drum adalah :

  • Membersihkan biji dari serabut – serabut yang masih melekat.
  • Membawa nut dari Depericarper ke Nut transport.
  • Memisahkan nut dari sampah.
  • Memisahkan gradasi nut.

 

c. Nut Silo

 

Fungsi dari Nut Silo adalah tempat penyimpanan sementara nut sebelum diolah pada proses berikutnya. Bila proses pemecahan nut dengan menggunakan nut Craker maka nut siloharus dilengkapi dengan sistem pemanasan (Heater).

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB