-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Metode untuk Meningkatkan Kelarutan dan Interaksinya

Pada pembahasannya mengenai definisi kelarutan telah disampaikan bahwa kelarutan adalah jumlah zat yang dapat larut dalam sejumlah pelarut sampai membentuk larutan jenuh.

 

Apabila suatu larutan suhunya diubah, maka hasil kelarutannya juga akan  berubah. Larutan ada yang jenuh, tidak jenuh dan lewat jenuh. Larutan dikatakan jenuh pada temperatur tertentu, bila larutan tidak dapat melarutkan lebih banyak zat terlarut.


Bila jumlah zat terlarut kurang dari larutan jenuh disebut larutan tidak jenuh. Dan bila jumlah zat terlarut lebih dari larutan jenuh disebut larutan lewat jenuh. Daya larut suatu zat dalam zat lain, dipengaruhi oleh jenis zat pelarut, temperatur dan sedikit tekanan.

 

Berikut adalah Metode – Metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan kelarutan.

 

1.  Modifikasi Kimia

Kelarutan dapat ditingkatkan dengan modifikasi kimia, contohnya seperti kelarutan zat cair, yang dapat ditingkatkan dengan meningkatkan jumlah gugus polar dari suatu molekul ini dapat dicapai dengan pembentukan garam.

 

Contohnya kelarutan suatu zat cairan dari chloropromazin hidroklorida sekitar 20.000 lebih besar dari pada basa bebasnya, sehingga molekul dapat dimodifikasi untuk menghasilkan enfietas kimia baru untuk prodrag.

 

Kelarutan zat cair dari natrium salisilat kloramfenikol, misalnya sekitar 400 kali lebih besar dari pada kloramfenikol. Prodragnya, bagaimana harus kembali ke molekul asalnya setelah administrasi (pengolahan).

 

2.  Kompleksisasi

Penambahan bahan ketiga yang dapat membentuk antar molekul kompleks dengan zat terlarut dapat meningkatkan kelarutan suatu zat terlarut. Setelah kompleksasi, kelarutan ditentukan oleh lingkungan kimia baru dimana zat terlarut menemukan dirinya.

 

Sejumlah senyawa, seperti nikotinamid dan B-klikodestrin, telah diamati sebagai agen (perantara) yang dapat meningkatkan kelarutan dari air yang kurang baik kelarutan obat-obat.

 

1 2 3

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB