-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Metode-Metode Pengeringan

Metode – Metode Pengeringan

 

1. Pengeringan Matahari Terbuka (Open Sun Drying)

 

Pengeringan Matahari Terbuka (Open Sun Drying) merupakan salah satu metode pengeringan tradisional karena menggunakan radiasi matahari untuk memanaskan produk secara langsung dengan aliran udara alami.

Bahan yang dikeringkan umumnya disebarkan di tanah, tikar, atau lantai semen di mana bahan tersebut menerima energi matahari gelombang pendek selama siang hari dengan sirkulasi udara alami.

 

Pada pengeringan matahari terbuka sebagian dari energi dipantulkan kembali dan sebagian lagi diserap oleh permukaan bahan. Radiasi yang diserap dikonversi dalam bentuk energi panas sehingga meningkatkan suhu bahan.

 

Panas radiasi hilang dari permukaan bahan menuju ke lingkungan. Sebagai tambahan panjang gelombang radiasi yang hilang mengikuti mengikuti panas yang hilang dikarenakan hembusan udara melewati udara basah pada permukaan bahan.

 

Penguapan uap lembab menyebabkan hilangnya uap dan bahan menjadi kering. Lebih lanjut sebagian energi panas yang diserap di-konduksikan ke dalam bagian bahan. Ini menyebabkan kenaikan temperatur dan pembentukan uap air didalam bahan dan kemudian berdifusi kearah permukaan bahan. Energi panas dari bahan berdifusi ke arah permukaan bahan dan akhirnya energi panas hilang dari bentuk penguapan

 

Namun ada kerugian seperti radiasi gelombang panjang dari permukaan bahan ke udara ambien melalui udara lembab, dan juga kehilangan panas konvektif karena angin bertiup melalui udara lembab di atas permukaan bahan. Selain itu, metode ini memproduksi produk kualitas rendah dan juga hasilnya akan dipengaruhi oleh serangan binatang, pengerumunan serangga dan hujan.

 

1 2 3

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB