-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Jenis-Jenis Bahan Anti-Koagulan

Pada artikel sebelumnya, telah dijelaskan mengenai Penggumpalan (Prakoagulasi) pada lateks dan Penyebabnya. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya terjadinya Penggumpalan (prakoagulasi) pada lateks. Silakan dibaca.

 

Getah karet atau lateks sebenarnya merupakan suspensi koloidal dari air dan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Bagian-bagian yang terkandung tersebut tidak larut sempurna, melainkan terpencar secara homogen atau merata di dalam air.

 

Susunan bahan lateks dapat dibagi menjadi 2 komponen. Komponen pertama adalah bagian yang mendispersikan atau memancarkan bahan-bahan secara merata, biasa disebut dengan serum. Bahan-bahan bukan karet yang larut dalam air, seperti protein, garam-garam mineral, enzim dan lain-lain termasuk ke dalam serum.

 

Komponen kedua adalah bagian yang didispersikan atau dipancarkan. Komponen kedua ini terdiri dari butir-butir karet yang dikelilingi lapisan tipis protein.

 

Sebenarnya sistem koloidal bisa dipertahankan agak lama sampai satu hari lebih, sebab bagian-bagian karet yang dikelilingi oleh lapisan tipis sejenis protein mempunyai kestabilan sendiri. Stabilisatornya adalah lapisan protein yang mengelilingi tersebut. Dengan berkurangnya kestabilan ini, maka terjadilah prakoagulasi.

 

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya prakoagulasi pada lateks salah satunya dengan penambahan zat anti-koagulan. Berikut ini contoh beberapa bahan anti-koagulan yang banyak digunakan pada tempat pengolahan karet.

 

1. Soda atau Natrium Karbonat (Na2CO3)

 

Dibanding dengan zat anti-koagulan yang lain, harga soda atau natrium karbonat memang lebih murah. Karena itu soda banyak digunakan di pabrik-pabrik pengolahan yang sederhana.

 

Akan tetapi, zat ini tidak dianjurkan digunakan pada pabrik yang akan mengolah lateks menjadi Ribbed Smoked Sheets (RSS) karena sheet kering yang dihasilkan akan bergelembung atau bubbles.

 

Pemakaian soda aman untuk karet yang akan diolah menjadi crepe. Dosis soda yang digunakan adalah 5-10 ml larutan soda tanpa air kristal (soda ash) 10% setiap liter lateks.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB