-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Jenis - Jenis Komposit

Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih bahan yang berbeda. Bahan - bahan ini digabungkan untuk menghasilkan material baru yang memiliki sifat yang berbeda atau tidak dimiliki oleh bahan-bahan penyusunnya.

 

Jadi, secara  teknis komposit dapat didefinisikan sebagai material multifasa yang diperoleh dari  kombinasi bahan - bahan yang berbeda namun tetap memiliki karakter dan sifat dari bahan - bahan penyusunnya, tanpa mengalami reaksi  kimia.


Komponen - komponen bahan ini tidak saling melarut ataupun bergabung  sepenuhnya melainkan memiliki suatu interfasa antara satu dengan lainnya yang berfungsi untuk menghasilkan suatu karakter yang tidak dapat diperoleh  dari komponen bahan penyusunnya secara tunggal.

 

Dewasa ini penggunaan komposit semakin berkembang, baik dari segi pengunaan, maupun teknologinya. Penggunaannya tidak terbatas pada bidang otomotif saja, namun sekarang sudah merambah ke bidang-bidang lain seperti rumah tangga dan industri. Seiring dengan perkembangannya, saat ini komposit tidak hanya menggunakan serat sintesis seperti fiber glass, serat karbon dan serat asbestos saja, namun sudah ada bahan penguat dari serat alam karena dinilai lebih murah, ramah lingkungan dan mudah untuk didapatkan.

 

Sesuai dengan definisinya, maka bahan material komposit terdiri dari unsur-unsur penyusun. Komponen ini dapat berupa unsur organik, anorganik ataupun metalik dalam bentuk serat, serpihan, partikel dan lapisan.

 

Jika ditinjau dari unsur pokok penyusun suatu bahan komposit, maka komposit dapat dibedakan atas beberapa bagian antara lain :

 

1. Komposit serat (Fibrous Composites Material)


Komposit yang terdiri dari serat dan matriks (bahan dasar) yang dproduksi secara fabrikasi, misalnya serat ditambahkan resin sebagai bahan perekat.

 

Komposit serat merupakan jenis komposit yang hanya terdiri dari satu laminat atau lapisan yang menggunakan penguat berupa serat (fiber) seperti glass fiber, carbon fibers, armid fibers (poly aramide) dan sebagainya.

 

Fiber ini bisa disusun secara acak (chopped strand mat) maupun dengan orientasi tertentu bahkan bisa juga dalam bentuk yang lebih kompleks seperti anyaman.

 

2. Komposit lapis (Laminated Composites Material)


Komposit laminat, merupakan jenis komposit yang terdiri dari dua lapis atau lebih yang digabung menjadi satu dan setiap lapisnya memiliki karakterstik sifat sendiri.

 

Komposit yang terdiri dari lapisan serat dan matriks, yaitu lapisan yang diperkuat oleh resin sebagai contoh plywood, laminated glass yang sering digunakan bahan bangunan dan kelengkapannya. Pada umumnya manipulasi makroskopis yang dilakukan yang tahan terhadap korosi, kuat dan tahan terhadap temperatur.

 

1 2 3

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB