-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Apa itu Heat Exchanger dan Komponennya

Heat Exchanger merupakan alat mekanis yang digunakan untuk perpindahan panas antara dua atau lebih fluida pada suhu yang berbeda. Ada berbagai jenis alat penukar panas yang tersediadi industri, namun alat penukar panas jenis shell dan tube mungkin adalah salah satu jenis dari klasifikasi alat penukar panas yang paling sering digunakan.

Alat penukar panas digunakan paling banyak di berbagai bidang seperti kilang minyak, pembangkit listrik termal, industri kimia dan masih banyak lagi. Tingkat penerimaan yang tinggi dikarenakan rasio yang relatif besar dari daerah perpindahan panas dengan volume dan berat, metode pembersihan yang mudah, bagianyang mudah diganti, dan lain-lain.

 

Heat exchanger diproduksi dalam tipe-tipe yang berbeda, namun bentuk paling sederhana dari heat exchanger adalah yang terdiri dari dua pipa sepusat, dimana satu fluida mengalir melalui pipa kecil dan pipa yang lain mengalir disekitar pipa satunya.


Aliran itu terdiri dari dua fluida yang berbeda, satunya memiliki temperatur lebih tinggi disebut fluida panas, dan yang satunya lagi memiliki temperatur yang lebih rendah disebut fluida dingin, dan dapat pada arah searah atau berlawanan arah. Banyak jenis Heat Exchanger yang digunakan untuk pembangkit tenaga, unit produksi, proses di industri, unit pendingin dan sistem turbin gas.


KOMPONEN-KOMPONEN HEAT EXCHANGER

 

1. Shell

Kontruksi shell sangat ditentukan oleh keadaan tubes yang akan ditempatkan didalamnya. Shell ini dapat dibuat dari pipa yang berukuran besar atau pelat logam yang dirol. Shell merupakan badan dari heat exchanger, dimana didapat tube bundle.


Untuk temperatur yang sangat tinggi kadang-kadang shell dibagi dua disambungkan dengan sambungan ekspansi.


Bentuk-bentuk shell yang lazim digunakan ditunjukkan pada gambar berikut:


1 2 3

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB