-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Apa itu Resin Urea Formaldehid dan Kegunaannya

APA ITU RESIN ???

 

Resin adalah setiap golongan padat, semi padat atau cairan organik umumnya produk asal alam atau sintetik dengan berat molekul tinggi dan tanpa titik leleh. Fungsi utama dari resin adalah untuk mentransfer stres antara serat penguat, bertindak sebagai lem untuk menahan serat bersama-sama, dan melindungi serat dari kerusakan mekanik dan lingkungan.

 

Resin alami berasal dari tumbuhan sedangkan resin sintesis dibuat dengan menambahkan polimer dan resin dimana lebih murah mudah untuk dimurnikan. Resin sintesis lebih stabil, bisa diprediksi dan seragam karena dibuat dibawah kondisi pengontrolan sehingga kemungkinannya adanya zat pengotor sedikit.

 

Resin sintesis terbagi jadi dua jenis yaitu termoset dan termoplastik yang digunakan dalam produksi plastic. Resin termoset yang paling umum digunakan adalah unsaturated polyesters, epoksi, vinil ester dan fenol. Perbedaannya terletak pada aplikasi dari masing-masing material.

 

RESIN UREA FORMALDEHID

 


Resin urea formaldehid adalah produk kondensasi polimer dari reaksi kimia formaldehid dengan urea dan dianggap sebagai salah satu perekat kayu yang paling penting. Resin urea formaldehid telah banyak digunakan dalam produksi papan partikel dan industri panel berbasis kayu lainnya.

 

Penggunaan resin urea formaldehid sebagai perekat utama adalah karena biaya rendah, suhu penyembuhan rendah, kelarutan dalam air, kurangnya warna dan kemudahan penggunaan dengan variasi yang luas.

 

Nilai pH, jumlah padatan dan katalis untuk resin urea formaldehid berperan penting dalam menyediakan pencampuran pH lingkungan antara kayu dan resin urea formaldehid. Untuk mendapatkan kekuatan ikatan yang optimal, waktu dan suhu penekanan harus disesuaikan dengan pH lingkungan.

 

Dengan demikian, penyelidikan dari efek pH, padatan dan katalis untuk resin urea formaldehid pada waktu rekatan sangat penting untuk pembentukan parameter pengolahan yang efektif untuk menerapkan polimer ini dalam pembuatan komposit berbahan dasar kayu.

 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB