-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Analisa Kualitatif secara Fisik bagian III

Analisakualitatif secara fisik atau disebut juga analisa jenis adalah untuk menentukan macam atau jenis zat atau komponen-komponen bahan yang dianalisa. Dalam melakukan analisa kita mempergunanakan sifat-sifat zat atau bahan, baik sifat-sifat fisis maupun sifat-sifat kimianya.

Analisa Kualitatif Secara Fisik
 

Misalnya ada suatu sampel cairan dalam gelas kimia. Bila kita ingin tahu apa sampel cair itu maka kita lakukan analisa kualitatif terhadap sampel cairan itu. Caranya ialah kita tentukan sifat-sifat fisis sampel tersebut.

 

Berdasarkan metodenya, analisa kualitatif dapat dikelompokkan dalam dua kelompok. Pertama, analisis bahan berdasarkan karakterisasi fisis, yaitu penentuan sifat fisis dan keasaman. Kedua, analisis bahan berdasarkan metode H2S, yaitu analisis kation dan analisis anion.

 

Sebelumnya telah saya jelaskan analisis bahan bagian I dan bagian II dimana tahap awal yaitu analisis pendahuluan ; penentuan titik leleh dan pengamatan bentuk kristal. Pada kesempatan ini akan diuraikan lebih lanjut mengenai analisis bahan berdasarkan karakterisasi fisis. Silakan disimak !!!

 

Lanjutan pembahasan analisa bahan bagian II

4.  Indeks Bias

Indeks bias adalah bilangan yang menunjukan perbandingan sinus sudut datang dengan sinus sudut bias cahaya yang melewati suatu media. Panjang gelombang cahaya dan temperatur yang biasa digunakan sebagai standar adalah cahaya natrium (D) dan temperature 20°C. Oleh karena itu indek bias yang diukur pada kondisi tersebut dinyatakan dengan simbol n20/D. Alat yang digunakan untuk menentukan indek bias adalah Refraktometer.

 

Cara Menentukan Indeks Bias

  • Buka prisma refraktometer, bersihkan dengan menggunakan kapas berlakohol kemudian keringkan.
  • Sesudah kering teteskan zat yang akan diperiksa sampai menutup semua permukaan prisma tersebut secara merata kemudian tutup.
  • Atur cahaya yang masuk apabila belum jelas.
  • Putar makrometer, apabila tidak kelihatan batas terang gelap putar mikrometer, kemudian putar kembali makrometer sampai batas terang gelap memotong titik perpotongan dua garis diagonal yang saling berpotongan.
  • Baca angka pada layar.
  • Pembacaan hanya dilakukan pada angka bagian atas, dengan bilangan keempat dibelakang koma ditentukan berdasarkan penafsiran si pembaca.

 

Prisma refraktometer terbuat dari gelas batu api yang lunak sehingga mudah tergores dan mengalami korosi, oleh karena itu harus diperlakukan secara benar. Sebelum dan sesudah digunakan kaca prisma harus selalu bersih dan kering. Untuk membersihkannya dapat digunakan kapas beralkohol.

 

1 2 3

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB