-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Analisa Kualitatif dengan Metode H2S

Berdasarkan metodenya, analisa kualitatif dapat dikelompokkan dalam dua kelompok. Pertama, analisis bahan berdasarkan karakterisasi fisis, yaitu penentuan sifat fisis dan keasaman. Kedua, analisis bahan berdasarkan metode H2S, yaitu analisis kation dan analisis anion.


Pada kesempatan ini akan diuraikan mengenai analisis kualitatif berdasarkan metode H2S. Silakan disimak !!!

Analisa Kualitatif dengan Metode H2S
 

Analisis Kualitatif berdasarkan Metode H2S

 

1.  Identifikasi kation berdasarkan H2S

Kation dalam suatu  cuplikan  dapat  diketahui dengan  melakukan  uji menggunakan pereaksi-pereaksi yang spesifik, meskipun agak sulit mendapatkan pereaksi yang spesifik untuk setiap kaiton.


Oleh karena itu umumnya dilakukan terlebih dahulu penggolongan kaiton. Sebelum dilakukan pengendapan golongan dan reaksi identifikasi kation dengan cara basah cuplikan padat harus dilarutkan dahulu.

 

Supaya mendapatkan larutan cuplikan yang baik, zat yang akan dianalisis dihomogenkan dahulu sebelum dilarutkan. Sebagai pelarut dapat dicoba dahulu secara berturut-turut mulai dari air, HCl encer, HCl pekat, HNO3 encer, HNO3 pekat, air raja (HCl : HNO3= 3:1). Mula-mula dicoba dalam keadaan dingin lalu dalam keadaan panas.

 

Dalam cara H2S kation-kation diklasifikasikan dalam lima golongan berdasarkan sifatsifat kation tersebut terhadap beberapa pereaksi. Pereaksi golongan yang paling umum dipakai adalah asam klorida, hidrogen sulfida, amonium sulfida dan amonium karbonat. Jadi klasifikasi kation didasarkan atas perbedaan dari klorida, sulfida dan karbonat kation tersebut.

 

Penambahan perekasi golongan akan mengendapkan ion-ion dalam golongan tersebut. Masing-masing golongan kemudian dipisahkan kemudian dilakukan pemisahan ion-ion segolongan dan dilakukan identifikasi terhadap masing-masing ion. Pemisahan kation berdasarkan cara H2S dapat dilihat pada tabel dan gambar berikut.


 
 Apakah Sudoku berasal dari Jepang ? Cari tahu disini

1 2

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB