-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Pengertian Larutan dan Kelarutan

Pengertian Larutan 

Larutan dapat didefinisikan sebagai campuran homogen dari dua zat atau lebih yang terdispersi sebagai molekul ataupun ion yang komposisinya dapat bervariasi. 


Disebut homogen karena komposisi dari larutan begitu seragam (satu fasa) sehingga  tidak dapat diamati bagian-bagian komponen penyusunnya meskipun dengan  mikroskop ultra. Dalam campuran heterogen permukaan-permukaan tertentu dapat  diamati antara fase-fase yang terpisah.

 

Suatu larutan terdiri dari dua komponen yang penting. Biasanya salah satu komponen yang mengandung jumlah zat terbanyak disebut sebagai pelarut (solven). Sedangkan komponen lainnya yang mengandung jumlah zat sedikit disebut zat terlarut (solut).

 

Dalam istilah kimia fisik, larutan dapat disiapkan dari campuran yang mana saja dari tiga macam keadaan zat yaitu padat, cair dan gas. Misalnya suatu zat terlarut padat  dapat dilarutkan baik dalam zat padat lainnya, cairan atau gas, dengan cara yang  sama untuk zat terlarut dan gas, ada 9 tipe campuran homogen yang mungkin dibuat.

 

Dari ketiga materi, padat, cair dan gas, sangat dimungkinkan untuk memilki sembilan tipe larutan yang berbeda: padat dalam padat, padat dalam cairan, padat dalam gas, cair dalam cairan, dan sebagainya. Dari berbagai macam tipe ini, larutan yang lazim kita kenal adalah padatan dalam cairan, cairan dalam cairan, gas dalam cairan serta gas dalam gas.

 

1 2

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB