-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Solusi dan Inovasi dari permasalaham lingkungan hidup yang berkaitan dengan ilmu ke-teknik-an

Teknik atau rekayasa (bahasa Inggris: engineering) adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut dengan insinyur (sarjana teknik). 

 

Ada berbagai jenis ilmu teknik di dunia seperti teknik mesin, elektro, industri, kimia, lingkungan, dll. Semuanya saling berhubungan dan berkaitan dalam menyelesaikan permasalahan manusia khususnya masalah lingkungan hidup. Di berbagai negara,khususnya Indonesia, masalah lingkungan hidup merupakan hal yang sangat esensial dan penting untuk dicari solusinya.


Karena itu, dibutuhkan ahli-ahli ke-teknik-an yang berkompetan dan cekatan dalam menangani masalah ini sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ruang lingkup masalah lingkungan hidup ini sebenarnya sangat luas. Dimulai dari hal yang sederhana sampai yang paling kompleks. Contoh masalah lingkungan hidup adalah : 


1.   Polusi udara

 

Merupakan masalah utama di setiap kota besar di Indonesia. Dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan dan industri yang berkembang, udara akan semakin tercemar dan menjadi kotor. Hal ini akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan juga kesehatan manusia.


Di sinilah peran ilmu ke-teknik-an dapat diaplikasikan secara nyata untuk mencari solusi dari masalah polusi ini yaitu dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan, menghemat energi dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu, kita juga harus menciptakan inovasi lain seperti mobil listrik. 


Mobil listrik tidak menghasilkan emisi dan tidak memberikan kontribusi terhadap dampak perubahan iklim. Dibandingkan mobil berbahan bakar konvensional, mobil listrik lebih hemat energi dan efisiensi keseluruhan mobil listrik adalah 48%, secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25%.


Mesin mobil listrik lebih halus dan tidak menyebabkan polusi suara. Secara umum, mobil listrik menjamin keamanan maksimum dan memiliki biaya pemeliharaan yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvesional. 

1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB