-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Mekanisme Proses Pengeringan

Pengeringan melibatkan proses pengurangan kelembaban dan melewatkan arus panas untuk pengeringan produk. Panas meningkatkan tekanan uap dari kelembaban dalam produk diatas udara lingkungan.

 


Tekanan dan panas yang tinggi menyebabkan cairan dan uap berpindah kepermukaan produk. Penguapan terjadi dan uap air berpindah ke udara lingkungan. Udara bisa saja menjadi jenuh tetapi,proses pengeringan tetap berlanjut jika udara lembab lingkungan berganti dengan udara yang sedikit jenuh.

 

Pada dasarnya pengeringan dibandingkan atas dua pokok dan proses berkelanjutan:

1.Panas ditransfer pada uap cairan.

2.Massa ditransfer atas cairan atau uap tidak lewat dari padatan dan uap dari permukaan.

 

Mekanisme Pengeringan

 

1. Pengeringan tingkat pertama ( periode laju pengeringan konstan)

 

Pengeringan tingkat pertama dimulai dengan bebasnya uap lembab pada permukaan material padat, dengan adanya penyusutan pada bagian bahan. Pada bagian akhir tingkat pertama, uap lembab berpindah dari bagian dalam kepermukaan berkaitan dengan gaya kapiler. Laju pengeringan tetap konstan pada tingkat pertama.

 

2. Pengeringan tingkat kedua (periode pertama laju pengeringan turun)

 

Sesudah tercapai kelembaban kritis, bintik kering terjadi pada permukaan material padat. Sejak laju pengeringan dihitung berdasar total area permukaan padatan, penurunan dimulai walaupun laju pengeringan setiap unit area ditahan konstan. Pada akhir tingkat kedua, penguapan pada permukaan lapisan tipis cairan berakhir.

 

3. Pengeringan tingkat ketiga (Periode kedua laju pengeringan turun)

 

Perpindahan panas pada tingkat ketiga ini terbentuk dari panas transfer ke bagian luar dan panas konduksi ke material padatan. Uap panas diserap dan keluar dan hilang secara parsial selama tingkatan ini.

 

Sejak kelembaban menurun pada level terendah, air didalam material bergerak lambat. Laju pengeringan tingkat ketiga menurun lebih tajam daripada tingkat kedua dan penurunan tetap terjaga hingga mencapai nilai kesetimbangan dengan kelembaban udara.

 

 

 

Demikian penjelasan mengenai Mekanisme pada Proses Pengeringan. Semoga bermanfaat ya !!!

 

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB