-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Jenis - Jenis Karet Alam

Karet alam merupakan salah satu komoditi pertanian yang penting baik untuk lingkup internasional dan terutama di Indonesia. Ada beberapa macam karet alam yang dikenal, di antaranya merupakan bahan olahan. Bahan olahan ada yang setengah jadi atau sudah jadi. Ada juga karet yang diolah kembali berdasarkan bahan karet yang sudah jadi.

 

Jenis-Jenis Karet Alam adalah sebagai berikut:

 

a. Bahan Olah Karet

 

Bahan olah karet adalah lateks kebun serta gumpalan lateks kebun yang diperoleh dari pohon karet Hevea brasiliesis. Beberapa kalangan mengatakan bahwa bahan olah karet bukan produksi perkebunan besar, melainkan merupakan bahan olah karet rakyat karena biasanya diperoleh dari petani yang mengusahakan kebun karet.

 

Menurut pengolahannya, bahan olah karet dibagi menjadi 4 macam:

 

1. Lateks Kebun

 

Adalah cairan getah yang di dapat dari bidang sadap pohon karet. Cairan getah ini belum mengalami penggumpalan entah itu dengan tambahan atau tanpa bahan pemantap (zat anti-koagulan).

 

2. Sheet Angin

 

Adalah bahan olah karet yang dibuat dari lateks yang sudah disaring dan digumpalkan dengan asam semut, berupa karet sheet yang sudah digiling tetapi belum jadi.

 

3. Slab tipis

 

Adalah bahan olah karet yang terbuat dari lateks yang sudah digumpalkan dengan asam semut.

 

4. Lump segar

 

Adalah bahan olah karet yang bukan berasal dari gumpalan lateks kebun yang terjad secara alamiah dalam mangkuk penampung.

 

 

1 2 3

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB