-->

Belajar dengan Mudah, Efektif dan Bermanfaat

Sifat-Sifat dan Pembuatan dari Alkana

Pada postingan sebelumnya telah saya paparkan mengenai apa itu alkana. Sekarang saya akan menjelaskan apa itu sifat fisis, sifat kimia serta pembuatan alkana. Silakan dibaca dan disimak ya !!!

 

Senyawa alkana merupakan rantai karbon  yang paling sederhana. Alkana adalah senyawa hidrokarbon jenuh dengan semua ikatan antara atom karbonnya tunggal.

 

Rumus umum alkana CnH2n+2  dengan  n  adalah jumlah atom karbon. Senyawa paling  sederhana dari alkana yaitu metana. Metana hanya memiliki satu atom karbon yang mengikat empat atom H. Data berikut menyajikan sepuluh alkana rantai lurus pertama.

 

Sifat Fisis Alkana

 

Makin besar Mr (makin panjang rantai karbon), makin tinggi titik leleh, titik didih, dan massa jenisnya. Pada suhu kamar C1 - C4 (metana sampai  butana)  berwujud  gas,  C5 - C17 berwujud cair dan  C18 sampai seterusnya berwujud padat.

 

Alkana dengan jumlah atom C sama untuk rantai  lurus  akan  mempunyai  titik  didih  lebih  tinggi  daripada  alkana yang rantainya bercabang.

 

Sifat Kimia Alkana

 

Alkana tergolong zat yang sukar bereaksi sehingga disebut paraffin yang berarti  afinitas kecil. Makin panjang rantai karbonnya, maka kereaktifannya makin berkurang. 

 

Beberapa reaksi penting alkana antara lain:

 

1. Pembakaran

Pembakaran sempurna menghasilkan H2O dan CO2 sedangkan pembakaran tidak  sempurna menghasilkan H2O, CO2, dan  CO. Contoh pembakaran propana:


2.  Subtitusi/ penggantian

Beberapa atom H dari alkana dapat diganti dengan atom atau gugus atom lain. Contohnya adalah sebagai berikut:


3.  Perengkahan/ cracking

Bila alkana dipanaskan pada suhu dan tekanan tinggi tanpa oksigen akan terjadi pemutusan rantai atau pembentukan senyawa-senyawa tidak jenuh. Contohnya adalah sebagai berikut:


1 2

No comments:

Post a Comment

All About Knowledge

Merupakan blog pribadi dan personal yang membahas seputar pengetahuan di bidang Kimia dan lainnya. Semoga kalian menikmatinya.
Copyright © All About Knowledge. All rights reserved. Template by CB